laput-hl-17

KIM Mampu Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Megamendung

laput-hl-17Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) tidak hanya menjadi barometer penyebaran informasi kepada seluruh masyarakat, akan tetapi bisa menjadi kelompok yang berpotensi dalam meningkatkan Perekonomian dan kesejahteraan masyarakat.

Berawal dari kegiatan lomba desa pada tahun 2008 lalu, mayoritas Ibu Rumah Tangga (IRT) ini kemudian membentuk Kelompok Wanita Tani (KWT) ASRI dimana mereka fokus mengelola pertanian seperti Padi, Jagung, Cabai keriting, sawi dan jamur tiram, kemudian hasil pertanian tersebut dikelola menjadi produk olahan yang bernilai ekonomi tinggi.

Beberapa produk olahan tersebut antara lain, enye, rangining, pangsit, rangginang, dodol, teng-teng, dan stik beraneka ragam rasa. Untuk mengembangkan pemasaran dan kemasan kemudian pada tahun 2010 mereka kemudian membentuk Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) ASRI, berawal dari saat itu berbagai pengetahuan mengenai teknologi dan informasi mereka dapatkan dari berbagai sumber baik langsung maupun tidak langsung. Alhasil usaha kelompok tersebut bisa berdampak kepada peningkatan perekonomian masyarakat Megamendung.

Ketua KIM ASRI, Fatimah mengatakan, KIM sangat membantu mereka dalam mengembangkan bisnis Usaha Kecil Menengah (UKM), selain bisa meningkatkan kesejahteraan para anggota pengurus KIM ASRI manfaat KIM juga dirasakan sejumlah warga diwilayah tersebut. Dimana para ibu rumah tangga maupun pengangguran, bisa memiliki pekerjaan karena proses pengolahan hasil pertanian ini membutuhkan banyak tenaga terampil dalam menghasilkan produk yang berkualitas.

“Saat ini untuk ada sedikitnya 30 karyawan yang membantu memproduksi. Kami sangat bangga karena bisa menjadi wadah bagi mereka yang membutuhkan pekerjaan, kami juga terus berupaya membudayakan penghematan pengeluaran belanja. Dengan cara mengajak masyarakat untuk melakukan pemanfaatan pekarangan dengan berbagai tanaman biotik dan sayuran. Aturan 20 ribu buat belanja karena ada tanaman jadi bisa ditabung uangnya,” tutur perempuan yang akrab disapa Fafat ini.

Katanya menambahkan, pemanfaatan informasi yang dilakukan KIM ASRI meliputi bagaimana cara menanam pertanian yang baik sehingga menghasilkan produk berkualitas, kemudian sepertia apa mengolah hasil pertanian menjadi makanan yang bernilai ekonomi tinggi, serta bagaimana cara mengatasi apabila lahan yang minimalis bisa dimanfaatkan untuk pertanian.

“Informasi itu yang kami adopsi baik dari internet, sumber tenaga ahli maupun dari hasil sharing bersama dengan para anggota pengurus KIM. Kemudian kami terapkan alhamdulilah sangat bermanfaat, kami juga berhasil meraih penghargaan dari Bupati Bogor sebagai administrasi kelompok pertanian terbaik. Kedepan KIM akan terus kami kembangkan lebih baik guna mendukung terwujudnya Kabupaten Bogor menjadi kabupaten termaju di Indonesia,” imbuhnya. (Dewi)

Share To :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *